Tips Memilih Indukan LoveBird Berkualitas

Tips Memilih Indukan LoveBird Berkualitas - Berternak love bird akhir-akhir ini sedang ramai dilakukan para kicau mania dan penghobi burung. Bahkan yang dulunya tidak memelihara burung bisa jadi ikut-ikutan berternak love bird.

Hal ini dikarenakan berternak love bird sangat menguntungkan, baik itu disisi materi maupun hobi. Permintaan akan burung love bird masih tinggi dipasaran sehingga beberapa orang memilih untuk berternak love bird sebagai ladang mencari penghasilan baik untuk sampingan atau usaha utamanya.

Mulai dari love bird paud/balibu/muda untuk kicau, love bird warna, sampai indukan love bird pun ramai diburu para penghobi. Ditambah lagi merawat love bird tidak terlalu sulit, ya Itung-itung mengisi waktu luang sambil menghasilkan.
Sumber Gambar: Google

Untuk menghasilkan love bird yang berkualitas baik itu untuk kicau maupun warna dalam berternak love bird tidak hanya asal ternak saja. Perlu melakukan pemilihan indukan love bird yang bagus, agar anakan yang dihasilkan bagus juga.

Berikut ini beberapa tips memilih indukan lovebird dan ciri-ciri indukan love bird yang bagus dan berkulitas.

Ciri-ciri Indukan Lovebird yang Berkulitas:

  • Pertama pilihlah indukan love brid yang mempunyai badan proporsional antara kepala, leher, ekor dan kaki seimbang terlihat bagus tidak berat sebelah atau delu (besar kepala).
  • Cari indukan love bird yang lincah, aktif, agresif, dan galak.
  • Love bird sehat tidak cacat, bulu lovebird bersih, dan tidak kusam.
  • Mata love bird cerah bersih tidak kotor dan tidak layu.
  • Pilih indukan lovebird yang memiliki sayap mengapit kuat tidak terbuka.
  • Kaki love bird indukan mempunyai cengkraman yang kuat saat bertengger.
  • Jika bermain love bird kicau bisa dipertimbangkan untuk memilih love bird dari trah juara. Karena anakannya bisa mewarisi gennya yang bagus dan berpotensi mempunyai suara ngekek panjang.
  • Jika bermain warna bisa dipertimbangkan memilih warna-warna yang bagus dan serupa agar anakan yang dihasilkan serupa.
  • Jika ingin cepat produksi maka pilihlah indukan yang sudah produksi sebelumnya. Karena jika menjodohkan dari awal biasanya agak lama agar love bird beranak.

Jika terkadang hasil anakannya berbeda dengan warna indukannya, maka perlu dilakukan genetic breeding (perkawinan sedarah) agar warna yang keluar menyerupai indukannya. Pembahasan mengenai genetic breeding (perkawinan sedarah) akan di bahas pada artikel berikutnya.


Keyword : downnload suara burung lovebird mp3
Tags#ciri-ciri indukan lovebird #indukan lovebird yang bagus #lovebird #memilih indukan lovebird

Artikel Terkait

Previous
Next Post »