Tips Perawatan Anakan Love Bird Biar Cepat Ngekek

Tips Perawatan Anakan Love Bird Biar Cepat Ngekek - Untuk menghasilkan love bird kicau yang berkualitas perlu dilakukan perawatan yang tepat pada lovebird mulai dari anakan sampai dewasa, khususnya pada anakan lovebird.

Anakan love bird harus di rawat dengan baik dan benar agar kelak bisa cepat ngekek dan siap lomba. Terutama bagi teman-teman yang bermain lovebird paud atau balibu karena usia 3 sampai 4 bulan ini merupakan usia emas bagi love bird balibu. Oleh karena itu sebisa mungkin kita menghasilkan love bird muda yang mampu ngekek panjang dan siap lomba.
Sumber Gambar: Google

Perawatan love bird anakan yang baik selain mampu menghasilkan burung lovebird muda/balibu yang berkualitas juga bisa menghasilkan burung lovebird dewasa yang gacor ngekek panjang sampai ngekek konslet. Ini disebabkan karena dari kecil sudah terbiasa ngekak maka pada saat dewasa pun love bird akan rajin ngekek.

Berikut ini beberapa perawatan anakan love bird agar cepat ngekek dan menghasilkan lovebird muda yang siap lomba.
  • Merawat love bird usia 10 hari – 2 bulan
Merawat love bird anakan dimulai pada saat anakan love bird berusia 10 sampai 15 hari. Pada usia ini love bird disapih dari induknya dan dilakukan pemberian makan dengan tangan. Ini bertujuan agar love bird indukan bisa kembali berproduksi dan love bird anakan bisa jinak dengan manusia sehingga proses agar love bird ngekek bisa lebih cepat karena kita tidak perlu menjinakkannya lagi.

Love bird anakan pada usia ini sebaiknya ditaruh dalam inkubator atau penghangat sederhana yang bisa terbuat dari kardus dan lampu bohlam. Love bird diberi makan sebanyak 5 kali dalam sehari sampai usianya sekitar 1 bulan. Setelah satu bulan lebih sampai 2 bulan maka intensitas meloloh dikurangi menjadi 4 kali dalam sehari.
Sumber Gambar: Google
Makanan untuk love bird anakan bisa berupa makanan jadi yang sudah tersedia di toko pakan dengan berbagai merk atau kita juga bisa meracik sendiri dari biji-bijian dan sayuran yang biasa diberikan untuk love bird.

Tidak lupa love bird anakan pada usia ini terus diperdengarkan suara masteran lovebird selama 24 jam tujuannya agar burung menjadi terbiasa dengan suara ngekek dan diharapkan akan terrekam dalam memori love bird lalu ditiru. Dengan memperdengarkan suara masteran love bird juga memungkinkan anakan love brid bisa ngekek dengan cepat.
  • Merawat love bird usia 2 bulan
Perawatan pada tahap ini masih standar, menjemur love bird, memandikan love bird dengan cepuk, angin-angin, dan pemberian pakan. Pada usia ini anakan love bird biasanya sudah mulai belajar ngekek walaupun masih sedikit kurang lancar. Ini dikarenakan mentalnya yang masih kurang dan masih malu-malu.

Oleh karena itu pada love bird usia 2 bulanan kita harus melatih mentalnya agar berani. Melatih mental love bird anakan bisa dilakukan dengan cara disimpan di tempat yang berisik (suara kendaraan atau orang) atau banyak orang yang berlalu-lalang.
Sumber Gambar: Google

Kita juga bisa melakukan seleksi pada love bird-love bird yang dianggap berkualitas lalu memindahkannya di kandang tersendiri. Cara melakukan seleksi pada love bird anakan biasanya dilihat dari love bird anakan yang sudah mulai ngetik, narik-narik, sedikit ngekek, rewel, lincah, dan galak.

Jika love bird anakan sudah dipisahkan pada kandang tersendiri selanjutnya bisa dilakukan pola perawatan yang insentif dan disiplin. Setiap pagi love bird dimandikan bisa disemprot atau dengan cepuk, setelah itu dijemur dan diangin-anginkan, setelah love bird kering selanjutnya bisa dimasukkan ke tempat pemasteran. Suara masteran bisa didownload disini:
Selama dimaster ini usahakan burung love bird tidak melihat satu sama lainnya, kita bisa menaruh sekat atau dengan menggunakan kerodong untuk menghalanginya. Berikan makanan berupa milet putih dan beberapa extra food yang diselingi misalkan jagung muda sayuran buah dan lainnya.


Keyword : download kicau burung love bird
Tags: #lovebird #lovebird anakan cepat ngekek #lovebird anakan trah #merawat lovebird anakan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »